Hal-hal Baru di Android P Public Beta

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Google akhirnya mengungkap dengan jelas apa saja fitur-fitur baru di Android P pada gelaran Google I/O 2018. Google juga sekaligus meluncurkan versi public beta dari Android P . Sayangnya, Google belum juga mengungkap panggilan apa yang akan digunakan untuk sistem operasi penerus Android Oreo ini. Lalu, apa saja hal-hal baru yang akan ada di Android P Public Beta? Berikut ulasannya

Gesture multitasking baru

Dengan Android P, Google menargetkan tiga peningkatan yaitu: Intelligence, Simplicity dan Digital Wellbeing. Oleh karena itu langkah pertama yang dilakukan oleh Google adalah menyederhanakan gesture multitasking.

Kini pengguna bisa swipe ke atas untuk masuk ke menu multitasking dengan deretan aplikasi terakhir yang dibuka. Gesture ini mirip dengan gesture multitasking milik iPhone X dari Apple.

Selain swipe ke atas untuk menampilkan multitasking, kamu juga bisa slide ke kanan atau kiri untuk berpindah antar aplikasi. Selain multitasking, Google juga membuat lebih sederhana cara mengambil screenshot. Pada Android P, kamu bisa menekan tombol home untuk mengakses shortcut screenshot.

Android Dashboard, apa itu?

Karena Digital Wellbeing adalah salah satu inti dari update Android P, maka Google menyediakan dashboard sebagai sarana informasi untuk memberikan insight bagaimana pengguna berinteraksi dengan smartphone-nya.

Lewat dashboard ini nantinya kamu bisa mengetahui berapa lamu kamu bermain handphone, berapa kali kamu unlock, berapa total notifikasi yang kamu terima dan masih banyak lagi data serta informasi bermanfaat yang bisa kamu dapat.

Peningkatan pada fitur Do Not Distrub juga bisa kamu nikmati di Android P. Salah satunya adalah fitur DND yang aktif secara otomatis ketika kamu menaruh handphone dengan layar menghadap ke bawah.

Penggunaan daya baterai yang lebih optimal dengan machine learning

Intelligence menjadi kunci utama di fitur Android P yang ini. Google menggunakan teknologi machine learning untuk mempelajari penggunaan daya baterai oleh aplikasi dan mengoptimalkan penggunaannya.

Baca juga:  Wallpaper Android Pilihan #3

Untuk menghadirkan fitur ini, Google sudah bekerja sama dengan tim DeepMind dari Alphabet selaku induk perusahaannya.

Google mengklaim fitur ini sanggup menghemat hingga 30% daya baterai. Lebih lanjut, AI di Android P juga akan mempelajari aplikasi-aplikasi apa yang sering digunakan dan memprioritaskan penggunaan daya baterai.

App Actions and Slices

App Actions dan Slices adalah dua fitur berkaitan dengan Intelligence di Android.

App Actions akan memprediksi kebiasaan pengguna dan menghadirkan sugesti yang bermanfaat. Misalnya ketika kamu memasang headset lewat jack audio, maka Android akan dengan pintar menyuguhkan sugesti musik lewat aplikasi streaming yang biasa kamu gunakan. Actions ini akan muncul pada launcher, aplikasi Search ataupun Google Assistant.

Selanjutnya adalah Slices yang dirancang untuk mempercepat sebuah pekerjaan. Contohnya adalah kamu bisa langsung mengetik pencarian taksi online lewat kolom Search.

Ketika ada aplikasi untuk memesan taksi online, Android akan memberikan sugesti link yang secara otomatis membuka aplikasi tersebut. Tujuan dari fitur Slices sendiri adalah kamu bisa melakukan beragam pekerjaan lebih cepat dari bagian Android manapun. Tidak perlu membuka aplikasi tertentu lebih dahulu.

Daftar smartphone yang kebagian jatah update Android P?

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Google membuka akses versi beta Android P Public Beta kepada produsen smartphone pihak ketiga. Versi public beta dari Android P bisa kamu unduh dan install di 7 pabrikan smartphone termasuk OnePlus 6, Nokia 7 Plus dan Mi Mix 2S. Berikut daftar lengkapnya:

  • Nokia 7 Plus
  • OnePlus 6
  • Xiaomi Mi Mix 2s
  • Essential PH-1
  • Sony Xperia XZ2
  • Oppo R15 Pro
  • Vivio X21

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan berita teknologi terupdate

Berita pilihan seputar Android, Gadget dan Rekomendasi aplikasi, dikirim seminggu sekali.

Terima kasih sudah berlangganan

Oops, ada kesalahan!