Android 9 Pie resmi dirilis oleh Google

Penerus Android 8 atau biasa yang disebut Android Oreo kini telah hadir. Namanya adalah Android 9 Pie. Perangkat yang sudah otomatis mendapat update Android P adalah Pixel dan Pixel 2 dari Google. Sementara menunggu kehadiran update Android Pie untuk perangkatmu, mari kita bahas fitur-fitur yang bermanfaat pada update Android kali ini.

Multitasking baru berbasis gesture

 

Seperti yang sudah diketahui selama fase uji coba versi beta, Android P mengusung akses ke multitasking baru. Caranya cukup dengan swipe up pada layar bagian bawah. Mekanismenya mirip dengan iPhone X milik Apple.

Ketika berada di tampilan multitasking, kamu dapat melakukan beragam pekerjaan dengan mudah. Contohnya adalah copy-paste text dari aplikasi lain, mengakses menu Split screen atau membuka aplikasi lain lewat suggested app di bagian bawah.

Tampilan Quick Settings baru

Pada Android Pie, Google memberikan sentuhan tampilan baru pada Quick Settings. Tombol-tombolnya dibuat membulat dan ikonnya menyesuakan dengan desain Material Theme milik Google.

Apabila kamu membuka Quick Settings secara penuh, pada bagian atasnya terdapat slider volume dan tombol mute.

Semakin cerdas dengan machine learning

Intelligence menjadi salah satu topik utama hadirnya update Android 9 Pie. Pertama di lini baterai, Google menggunakan Machine Learning (ML) untuk dapat mengoptimalkan penggunaannya. Kedua ada Adaptive Brightness yang mampu menyesuaikan dengan kondisi di sekitar pengguna.

Baca juga:  Kode Promo GrabBike Bogor Terbaru, Januari 2019

Pada aplikasi, ada App Actions di bagian atas app drawer yang dapat memberikan saran aksi yang dapat kamu lakukan. Misalnya memainkan lagu ketika headphone tersambung, mendapatkan informasi petunjuk jalan dan masih banyak lagi.

Dukungan untuk perangkat Android dengan poni alias notch

Salah satu update tampilan yang hadir di Android Pie adalah dukungan untuk perangkat dengan notch. Seperti yang diketahui, sejak iPhone X keluar, tidak sedikit produsen smartphone Android yang mengikuti langkah Apple. Berhubung kehadiran ponsel dengan poni yang semakin banyak, Google akhirnya mendukung tampilan status bar-ny di update Android P.

Pantau penggunaan smartphone dengan dashboard

Google ternyata peduli dengan pola penggunaan smartphone. Pada Android Pie, terdapat dashboard yang berisi data terkait pola penggunaan ponsel. Kamu bisa melihat berapa banyak kamu mengecek handphone, aplikasi apa yang paling lama digunakan, notifikasi apa yang paling banyak diterima dan masih banyak lagi.

Diharapkan dengan hadirnya aplikasi ini pengguna dapat kemudian membatasi penggunaannya. Ada juga fitur App Timer yang bisa digunakan untuk membatasi penggunaan aplikasi tertentu.

Kapan tersedia?

Android 9 Pie tersedia mulai hari ini untuk perangkat Pixel, Pixel XL, Pixel 2, dan Pixel 2 XL milik Google. Untuk perangkat lain setidaknya harus menunggu sampai produsen terkait menyediakan update Android Pie.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan berita teknologi terupdate

Berita pilihan seputar Android, Gadget dan Rekomendasi aplikasi, dikirim seminggu sekali.

Terima kasih sudah berlangganan

Oops, ada kesalahan!