Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5 dan Note 5 Pro


114 shares

Pada tutorial kali ini akan dibahas bagaimana cara untuk unlock bootloader dari smartphone Xiaomi Redmi Note 5 dan Note 5 Pro. Salah satu keuntungan dari unlock bootloader adalah kamu bisa memasang ROM lain selain MIUI bawaan sebagian besar Xiaomi. Kalau kamu mengikuti tutorial ini dipastikan kamu akan bisa unlock bootloader Redmi Note 5 dan Note 5 Pro dengan mudah.

Spesifikasi dan Harga Redmi Note 5

Sebelum kita bahas cara unlock bootloader, mari kita bahas singkat spesifikasi dari Xiaomi Redmi Note 5. Smartphone ini dirilis pada awal 2018 ini memiliki bentang layar 5.99 inci dan rasio 18:9.

Prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 636 Octa-core dengan kecepatan 1.8 Ghz. Pada sektor kamera, pada bagian belakang terdapat dual kamera dengan resolusi 12MP dan 5MP.

Untuk menunjang operasional, ada tiga tipe besaran RAM yang diusung, 3 GB, 4/ 6GB. Redmi Note 5 sudah menggunakan Android Oreo 8.0 dengan custom MIUI 9.

Harga Xiaomi Redmi Note 5

Xiaomi Redmi Note 5 dijual dengan harga kisaran Rp 2 juta rupiah dan bisa kamu dapatkan melalui toko online ataupun offline. Harga Redmi Note 5 termurah bisa kamu dapatkan di Bukalapak dengan harga Rp 2.020.000. Erafone menjual smartphone ini di kisaran harga Rp 2.800.000 untuk tipe RAM 3GB dengan storage internal 32GB.

Baca juga:  Cara Melacak HP Samsung yang Hilang Cepat dan Mudah

Spesifikasi dan Harga Redmi Note 5 Pro

Sedangkan untuk sepupu dari Redmi Note 5 Pro ini mengusung spesifikasi yang hampir mirip. Dapur pacunya menggunakan Snapdragon 636 Octa-core dengan kecepatan hingga 1.8 Ghz. Tipe RAM yang digunakan ada 4 GB dan 6GB.

Performa yang mumpuni ini ditunjang juga dengan baterai berkapasitas besar, 4000 mAH. Kamu dijamin puas menggunakan hp ini seharian.

Harga Xiaomi Redmi Note 5 Pro

Di ITC Roxy Mas, Redmi Note 5 Pro bisa ditebus dengan harga Rp 2.700.000. Sedangkan untuk versi RAM 4GB, harga jualnya bisa mencapai Rp 3.050.000.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5 dan Note 5 Pro

 

Sebelum melakukan proses unlock bootloader untuk hp Xiaomi, biasanya kamu memperlukan persetujuan terlebih dahulu. Kamu bisa meminta persetujuan tersebut melalui website Xiaomi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Request Unlock Bootloader melalui website MIUI

  1. Buka browser andalan kamu, bisa Firefox atau Chrome dari komputer dan buka http://en.miui.com/unlock lalu klik tombol Unlock Now
  2. Selanjutnya kamu akan dibawa ke halaman login Mi Account. Silakan isi email dan username dari Mi Account yang kamu miliki.
  3. Setelah berhasil masuk, kamu perlu mengisi form yang tersedia. Data-data yang perlu diisi antara lain: nama, no telepon, serta alasan kenapa ingin melakukan unlock bootloader.
  4. Masukan kode captcha untuk verifikasi
  5. Centang unlocking disclaimer
  6. Klik Apply Now
  7. Selanjutnya kode OTP akan dikirimkan ke nomor handphone yang kamu isi pada form, masukkan kode OP lalu klik Next. Apabila berhasil kamu akan melihat tulisan “Application has been successfully submitted, Please be patient review”.

Biasanya, persetujuan untuk unlock bootloader akan diterima dalam waktu 5-10 hari. Setelah kamu mendapatkan persetujua, kamu perlu menambahkan Mi Account pada menu Mi Unlock Status yang tersedia pada Developer Options.

Baca juga:  5 Tips Menggunakan Spotify Biar Dengerin Musik Makin Asik

Unlock Bootloader menggunakan Mi Flash Unlock Tool

Setelah persetujuan unlock bootloader untuk Redmi Note 5 dan Note 5 Pro kamu terima, langkah selanjutnya baru proses unlocknya. Langkah-langkahnya:

  1. Download Mi Flash Unlock Tool dan install pada komputer atau laptop kamu
  2. Setelah proses instalasi selesai, klik Agree untuk menyetujui Disclaimer.
  3. Selanjutnya, sign in menggunakan email yang kamu gunakan untuk meminta persetujuan unlock bootloader sebelumnya.
  4. Sambungkan Redmi Note 5 dan Note 5 Pro ke komputer atau laptop lalu boot ke Fastboot mode dengan cara: matikan handphone terlebih dahulu lalu tekan Power + Volume Down.
  5. Apabila berhasil, kamu akan mendapati logo dan tulisan FASTBOOT.
  6. Setelah itu, press Unlock pada Mi Flash Unlock Tool untuk memulai proses unlock. Ketika ada pesan konfirmasi, tekan Unlock anyway.
  7. Apabila proses telah berhasil, kamu akan mendapati tulisan Unlocked succesfully.

Kesimpulan

Proses untuk unlock bootloader Xiaomi Redmi Note 5 dan Note 5 Pro cukup mudah. Asalkan kamu sudah mendapat persetujuan dari Xiaomi. Jika kamu berencana untuk unlock bootloader Xiaomi dalam waktu dekat, jangan lupa untuk ikuti tutorial ini dengan seksama ya! Good luck!


Like it? Share with your friends!

114 shares

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan berita teknologi terupdate

Berita pilihan seputar Android, Gadget dan Rekomendasi aplikasi, dikirim seminggu sekali.

Terima kasih sudah berlangganan

Oops, ada kesalahan!