Kupas tuntas fitur Digital Wellbeing Android Pie


104 shares

Google telah resmi merilis Android Pie (Android 9). Dari sederetan fitur yang dihadirkan untuk lebih mempermudah pekerjaan sehari-hari, Google juga menghadirkan fitur bernama Digital Wellbeing. Fungsinya adalah sebagai informasi tambahan tentang perilaku penggunaan smartphone.

Apa itu fitur Digital Wellbeing

Digital Wellbeing adalah sekumpulan fitur untuk mengetahui perilaku penggunaan smartphone dan membatasinya. Pengguna bisa mengatur batas waktu mengakses sebuah aplikasi hingga penggunaan ponsel sekaligus.

Berikut video pengenalan fitur Digital Wellbeing oleh CEO Google

Google ingin pengguna sadar bahwa menggunakan smartphone terus menerus bukanlah hal yang baik. Digital Wellbeing dari Google ini terdiri dari tiga bagian yaitu Dashboard, app timers dan wind down. Dashboard bermanfaat untuk memberikan laporan statistik penggunaan ponsel seperti berapa kali jumlah unlock dalam sehari, berapa jumlah notifikasi yang diterima, aplikasi apa yang paling sering dibuka dan masih ada beberapa lagi.

App timers berguna untuk memberikan batas waktu penggunaan aplikasi. Misalnya kamu paling sering menggunakan Instagram sehari-hari, kamu bisa menggunakan app timers untuk membatasi waktu akses aplikasi Instagram menjadi hanya 2 jam sehari misalnya.

Terakhir ada wind down. Fitur ini bermanfaat untuk mencegah kamu menggunakan ponsel Android sama sekali. Tujuannya agar kamu dapat beristirahat dengan tenang di malam hari.

Cara dapatkan fitur Digital Wellbeing

Ketika Android Pie dirilis kemarin, Google belum memberikan akses fitur Digital Wellbeing kepada pengguna umum. Fitur ini masih dalam tahap beta tetapi kamu bisa meminta akses untuk segera menjajalnya. Caranya sebagai berikut:

  1. Update smartphone Android kamu ke Android 9 Pie.
  2. Silakan kunjungi website Digital Wellbeing lalu daftar dengan email
  3. Jika berhasil, kamu akan mendapatkan email konfirmasi dan undangan untuk mengunduh aplikasi Digital Wellbeing
  4. Link download aplikasi hanya akan kamu dapatkan setelah proses daftar berhasil ya
  5. Setelah berhasil download, menu Digital Wellbeing akan muncul di aplikasi Settings smartphone Android kamu.
Baca juga:  Google Siapkan Update Android P, Akomodir Perangkat Dengan Tonjolan Bezel atau Notch

Daftar informasi di dashboard fitur Digital Wellbeing

Sebelum memulai diet digital, kamu bisa melihat data-data yang disajikan oleh fitur Digital Wellbeing ini. Pada Dashboard, terdapat diagram yang menampilkan prosentase aplikasi yang sering kamu gunakan. Detail penggunaannya pun bisa kamu lihat baik dalam rentang harian atau bulanan.

Kalau kamu merasa penggunaan aplikasi terlalu lama dan sering, kamu bisa memanfaatkan app timers untuk membatasinya.

Berani kurangi pemakaian handphone?

Penelitian yang dikembangkan oleh Motorola dengan Harvard University menyebutkan bahwa lebih dari separuh Gen Z menganggap smartphone atau ponsel sebagai teman terdekatnya. Bahkan 35% setuju bahwa mereka menghabiskan terlalu banyak waktunya menggunakan smartphone. Google paham bahwa kecanduan teknologi khususnya smartphone adalah hal yang harus diatasi. Untuk itulah fitur Digital Wellbeing dihadirkan.


Like it? Share with your friends!

104 shares

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan berita teknologi terupdate

Berita pilihan seputar Android, Gadget dan Rekomendasi aplikasi, dikirim seminggu sekali.

Terima kasih sudah berlangganan

Oops, ada kesalahan!