Inilah Hal yang Akan Kita Saksikan pada Google I/O 2018

Pagelaran Google I/O adalah salah satu even yang wajib dinantikan oleh para penggemar Android dan fans Google di seluruh dunia. Acara untuk para developer ini menyajikan banyak update seputar produk Google dan tentunya Android sebagai sistem operasi besutannya.

Bagi kamu yang belum tahu, Google I/O tahun ini diselenggarakan mulai tanggal 8 hingga 10 Mei 2018 dan bertempat di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California. Lalu apa saja yang akan dibahas oleh Google pada gelaran I/O tahun ini? Berikut rangkumannya dari berbagai sumber yang berhasil kami dapat.

Android P

Seperti yang sudah dibahas oleh banyak media teknologi, Android P adalah versi selanjutnya dari Android Oreo. Belum ada kepastian nama makanan apa yang jadi kepanjangan dari Android P. Ada yang menyebutnya sebagai Pistachio Ice Cream. Menurut kamu apa singkatan yang pas untuk Android P?

Versi developer betanya dirilis pada pertengahan bulan Maret yang lalu. Beberapa fitur pernah dibahas sebelumnya seperti fitur untuk mengakomodir ponsel Android dengan tonjolan poni atau notch hingga, navigasi dalam ruangan, peningkatan fitur notifikasi hingga peningkatan keamanan untuk mencegah akses kamera diam-diam oleh aplikasi.

WearOS

Sebelum disebut WearOS, Android memiliki sistem operasi untuk perangkat wearable yang dinamakan Android Wear. Perubahan menjadi WearOS ini dilakukan pada pertengahan bulan Maret yang lalu.

Ada kemungkinan Google akan menghadirkan update versi beta untuk WearOS. Mengingat adanya acara bertajuk “What’s new in Wear OS by Google” pada gelaran Google I/O 2018.

Peningkatan Google Assistant

Google Assistant adalah salah satu fitur di Android yang memungkinkan kamu melakukan beragam pekerjaan hanya dengan menggunakan perintah suara. Pada Google I/O yang akan berlangsung sebentar lagi, update seputar Google Assistant menjadi salah satu hal yang layak untuk ditunggu.

Google Assistant juga dikabarkan akan memperluas dukungan hingga 30 negara dan akan tersedia di Chromebooks.

Google TV Stick

Di ranah pertelevisian, Google tak mau ketinggalan dengan Amazon dan Apple yang masing-masing memiliki produk untuk meningkatkan pengalaman menonton TV. Dengan lulusnya produk Google Stick TV dari FCC ada kemungkinan produk ini akan diumumkan di Google I/O.

Dari FCC juga didapatkan informasi bahwa Android TV Stick ini mampu menyiarkan video dengan kualitas 4K, dilengkapi chipset AmLogic S905X dan RAM 2GB.

Flutter SDK

Karena I/O memang ditujukan untuk para pengembang maka tak heran jika nantinya Google akan memberikan pengumuman atau informasi lebih lanjut seputar Flutter. Bagi kamu yang belum tahu, Flutter adalah salah satu tools pengembangan aplikasi dimana iOS dan Android cukup dengan satu kode.

Dengan kehadiran Flutter, diharapkan pengembang dapat lebih mudah dalam membuat aplikasi baik Android ataupun iOS secara bersamaan.

Ada hal yang ingin kamu saksikan dalam Google I/O 2018?

Itulah prediksi seputar apa yang akan disajikan Google dalam gelaran Google I/O tahun ini. Punya informasi tambahan yang ingin kamu bagikan? Sampaikan di kolom komentar ya!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan berita teknologi terupdate

Berita pilihan seputar Android, Gadget dan Rekomendasi aplikasi, dikirim seminggu sekali.

Terima kasih sudah berlangganan

Oops, ada kesalahan!