Review dan Spesifikasi Lengkap LG V30

Seri LG V memang selalu ditujukan kepada pengguna yang ingin memaksimalkan fungsi multimedia pada sebuah smartphone. Begitu pula di LG V30, yang diklaim dapat memanjakan fotografer, videografer dan pendengar musik. Lalu apa saja yang ditawarkan oleh LG V30? Mari kita bahas dalam review kali ini.

Desain

Review dan Spesifikasi Lengkap LG V30

Sama seperti smartphone versi flagship yang kerap mempertahankan desain dengan sedikit perubahan dalam kurun waktu beberapa tahun, demikian juga LG V30. Bagian depan dan belakang dari LG V30 terbuat dari kaca. Sama dengan smartphone lain dengan material sejenis, jejak sidik jari mudah sekali melekat. Bagian tengah terdapat bahan metal. Perpaduan bahan kaca dan metal di LG V30 membuatnya terlihat elegan.

Meski berbahan kaca, LG V30 tidak terasa licin sama sekali. Bagian pinggir kanan kiri yang sedikit melengkung membuatnya pas ketika digenggam.

Hardware

Review dan Spesifikasi Lengkap LG V30

 

Bersaing di kelas flagship, LG membenamkan komponen yang mumpuni di seri V30. LG V30 memiliki dua pilihan besaran ruang penyimpanan, 64GB dan 128GB. Kalau kurang, kamu masih bisa menambahnya dengan SD Card hingga kapasitas 256GB. Untuk koneksi, LG V30 mengusung Bluetooth 5 demi koneksi yang lebih lancar dan jangkauan yang lebih luas.

Tak mau ketinggalan, LG V30 sudah mengantongi sertifikat IP68. Dengan sertifikat ini LG V30 tahan terhadap debu dan tahan berada di dalam air sampai kedalaman 1.5 m selama 30 menit.

Untuk pengamanan, LG V30 membawa sensor sidik jari di bagian belakang. Penempatannya pun pas dan mudah dijangkau. Proses pemindaiannya pun cepat dan bisa diandalkan. Satu hal yang saya sukai dari sensor sidik jari di LG V30 adalah bisa dijadikan tombol power sekaligus.

Sebagai smartphone yang mengandalkan fitur multimedia, LG V30 dapat memanjakan para penikmat musik. Terdapat colokan audio sehingga tidak diperlukan dongle tambahan. LG V30 juga memanfaatkan 32-bit Hi-Fi Quad DAC dari ESS Technology untuk mengoptimalkan keluaran suara.

Dengan teknologi ini juga berarti LG V30 mampu menghasilkan suara yang mumpuni ketika dipasangkan dengan headphones berkualitas.

Peningkatan lain terkait audio yang dihadirkan oleh LG adalah dukungan Master Quality Authenticated atau MQA. MQA adalah tipe berkas musik baru yang bisa menghasilkan keluaran suara berkualitas dengan tetap mempertahankan besaran ukuran.

Kalau kamu gemar mendengarkan musik lewat perangkat nirkable, LG V30 juga sudah dilengkapi dengan teknologi aptX HD. Teknologi audio milik Qualcomm ini mendukung keluaran suara berkualitas tinggi meski terhubung secara nirkabel.

Baterai sebesar 3300 mAH disematkan LG untuk menopang daya selama penggunaan sehari-hari. Dengan penggunaan biasa, seperti membuka Twitter, berkirim pesan, menonton Youtube, LG V30 mampu bertahan seharian.

Tak ketinggalan, LG V30 sudah mendukung fast charging lewat port USB C.

Kamera

Seperti yang sudah disampaikan di atas, LG V30 adalah ponsel yang memanjakan pengguna dalam urusan multimedia. Hal ini dibuktikan dengan spesifikasi kamera yang disematkan. LG V30 memiliki kamera ganda di bagian belakang. Satu kamera standar dan satu lagi kamera lensa lebar. Kamera utama memiliki resolusi 16MP dengan bukaan fokus 1.6. Sedangkan untuk wide lens beresolusi 13MP dengan bukaan fokus 1.9. Sayangnya untuk wide lensa tidak dilengkapi dengan Optical Image Stabilization.

Terdapat manual kontrol untuk mendapatkan hasil jepretan kontrol. Tambahan fitur baru di LG V30 bernama Graphy. Lewat fitur ini, kamu bisa mengambil gambar dengan pengaturan yang diambil dari foto sebelumnya. Dengan Graphy, pengambilan gambar bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus mengatur berulang kali.

Baca juga:  Xiaomi Mi Mix 3, Snapdragon 636 plus dukungan fast charging

Fitur perekaman video juga mendapat peningkatan menarik. LG V30 bisa merekam log footage yang biasanya hanya terdapat pada kamera DSLR atau mirrorless. Log footage ini kemudian bisa diolah dengan lebih leluasa menggunakan aplikasi edit video seperti Adobe Premiere dan yang lainnya.

Satu hal lagi tambahan yang menarik adalah Cine Video. Pada dasarnya fitur ini membuat pengguna bisa menambahkan filter, dan color grading presets selama perekaman video.

Jepretan kamera LG V30 sangat baik. Foto yang dijepret di luar ruangan dengan kondisi pencahayaan terang berwarna tajam. Warna yang dihasilkan pun cukup akurat meski terkesan sedikit lebih hijau. Bagi penggemar selfie, LG V30 sedikit mengecewakan. Pasalnya kamera depan yang diusung hanya sebesar 5MP. Resolusi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan smartphone flagship merek lain.

Layar

Review dan Spesifikasi Lengkap LG V30

Beralih ke bagian layar, teknologi layar LG mengalami peningkatan dan hal tersebut terbukti di LG V30. Lebar layarnya seluas 6 inci dengan rasio 18:9 dan memiliki resolusi 2880 x 1440 atau QHD. LG menamai layarnya dengan sebutan Full Vision, panggilan keren dari desain bezelless yang diusung.

Layar yang diusung oleh LG V30 adalah yang terbaik. Warna yang dihasilkan cerah. Bahkan dalam kondisi di bawah sinar matahari. Ukurannya yang besar sangat cocok untuk melahap konten multimedia seperti streaming Netflix, YouTube ataupun bermain game.

Performa

Spesifikasi yang diusung oleh LG V30 terbilang standar untuk ukuran flagship. Prosesor menggunakan chip Qualcomm 835 dengan dukungan GPU dari Adreno 540. Meski demikian dalam penggunaan sehari-hari tidak ada masalah performa yang cukup berarti.

Dengan RAM 4GB, LG V30 bisa melakukan multitasking secara mulus dan lancar.

Software

Meski pada beberapa bagian UI dari LG mendapat peningkatan, namun tetap bukanlah selera saya. Warna yang digunakan terlalu ramai. Tambahan terbaru dari LG V30 juga adalah floating bar. Floating bar adalah widget yang dapat diposisikan di manapun sepanjang pinggiran layar. Kamu bisa meletakan beberapa tombol shortcut.

LG V30 membawa Android Nougat dan bukan Oreo. Sangat disayangkan mengingat V30 menyasar segmen flagship yang seharusnya membawa software versi terbaru.

Harga LG V30

Apabila kamu berminat untuk memboyong LG V30, kamu harus menyiapkan uang sebesar 9 jutaan.

Spesifikasi lengkap LG V30

Spesifikasi LG V30
Layar6.0-inch QuadHD+ P-OLED FullVision
Resolusi 2880 x 1440
538 pixels per inch
Rasio layar 18:9
Corning Gorilla Glass 5
KameraKamera belakang:
Kamera utama: 16MP, sensor standar dengan OIS dan laser autofocus, ƒ/1.6 aperture.
Kamera kedua: 13MP, wide angel, ƒ/1.9 aperture
Kamera depan: 5MP ƒ/2.2 aperture
ProsesorOcta-core Qualcomm Snapdragon 83
GPU: Adreno 540
RAMV30: 4 GB LPDDR4x
V30+: 4 GB LPDDR4x
StorageV30: 64 GB, UFS 2.0
V30+: 128 GB, UFS 2.0
Dapat ditambah MicroSD sampai dengan 2TB
OSAndroid 7.1.1 Nougat dengan LG UX 6.0+
BateraiNon removeable - 3,300 mAh

Kesimpulan

Meski spesifikasi yang ditawarkan terbilang standar untuk ponsel yang bersaing di arena flagship tetapi LG V30 mampu memanjakan pengguna dengan beragam fitur multimedia.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan berita teknologi terupdate

Berita pilihan seputar Android, Gadget dan Rekomendasi aplikasi, dikirim seminggu sekali.

Terima kasih sudah berlangganan

Oops, ada kesalahan!