Review dan Spesifikasi Lengkap Razer Phone

Apa jadinya jika dengan produsen perangkat gaming merambah ke pasar smartphone? Ya, itulah yang terjadi dengan Razer yang sukses meluncurkan smartphone Android pertamanya bernama Razer Phone. Razer Phone merupakan hasil kolaborasi antara Razer dengan Nextbit. Lalu, seperti apa kesan menggunakan Razer Phone? Simak reviewnya di sini.

Desain Razer Phone

Review dan Spesifikasi Lengkap Razer Phone

Apabila kamu pernah mendengar akan smartphone bernama Nextbit Robin maka itulah kesan pertama yang akan kamu tangkap ketika melihat desain Razer Phone. Razer Phone mengusung bodi kotak dengan pinggiran tegas. Kegagahan Razer Phone ditambah lagi dengan finishing berwarna hitam doff serta logo khas Razer di bagian belakang.

Di bagian kiri dan kanan layar terdapat tombol volume serta power. Bagian bawah dan atas layar terdapat speaker yang simetris. Untuk sensor sidik jari, Razer menempatkannya pada bagian belakang dan cukup mudah untuk dijangkau. Sama seperti smartphone kekinian, Razer Phone sudah memiliki kamera dengan lensa ganda di bagian belakang. Bagi kamu yang masih memiliki banyak perangkat audio dengan jack 3.5, siap-siap untuk kecewa. Razer Phone tidak memiliki jack audio 3.5mm layaknya iPhone 7 ke atas.

Layar Razer Phone

Review dan Spesifikasi Lengkap Razer Phone

Ukuran layar Razer Phone adalah 5.7 inci. Dengan ukuran layaran sebesar itu ditambah dengan adanya speaker di atas dan bawah layar membuat Razer Phone cukup sulit untuk digenggam. Singkat kata, smartphone ini terlalu besar untuk nyaman digenggam. Razer Phone memiliki rasio layar 16.9. Menurut pendapat saya, Razer sengaja mendesain smartphonenya sedemikian karena memang ditujukan untuk penggunaan dua tangan para gamer.

Keunggulan Razer Phone terletak pada layarnya yang mampu menghasilkan refresh rate 120Hz pada layar IPS dengan resolusi Quad HD. Hasilnya warna yang dihasilkan sangat cerah, teks di layar mudah terbaca, scrolling dan berpindah tampilan bisa dilakukan dengan mulus.

Tidak hanya itu, refresh rate 120Hz di Razer memang sengaja dihadirkan untuk mendukung performa gaming. Razer mampu melibas game dengan 120 FPs secara halus. Saya mencoba bermain game berat berkualitas HD seperti Titanfall: Assault dan hasilnya memang tak mengecewakan. Razer Phone mampu menjalankannya dengan baik dan sangat menyenangkan.

Meski menghadirkan performa layar yang mumpuni, Razer telah mengoptimalkannya agar tetap hemat daya. Mereka memiliki fitur bernama Ultramotion yang dapat menyesuaikan refresh rate sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. Jadi Razer Phone tidak selalu memakai refresh rate 120Hz.

Meski demikian, layar Razer Phone bukan tanpa kekurangan. Karena menggunakan IPS, layar Razer Phone terlihat sedikit lebih gelap. Terutama apabila digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Performa dari Razer Phone

Performa layar yang tangguh dari Razer Phone tak akan tercapai tanpa dukungan spesifikasi yang mumpuni. Razer Phone menggunakan prosesor Qualcomm 835 dengan 8GB RAM untuk memastikan pengguna mendapatkan kualitas performa yang lancar dan mulus.

Baca juga:  Informasi Spesifikasi dan Harga Meizu Pro 7 dan Meizu Pro 7 Plus

Kamera

Salah satu bagian yang sangat disesalkan dari Razer Phone adalah bagian kamera. Meski mengusung kamera ganda dengan resolusi 12MP, Razer tidak memiliki fitur OIS dan hanya memiliki bukaan fokus 1/8. Permasalahannya bukan terletak pada hardware melainkan aplikasi untuk memproses hasil jepretannya.

Untuk mengambil gambar terutama di pencahayaan yang kurang, Razer Phone sedikit mengalami kesulitan. Selain itu penggunaan slow shutter juga dilakukan sangat lambat. Gerakan sedikit saat mengambil foto berakibat hasil foto yang blur dan tidak jelas.

Hardware

Di samping kualitas gaming dan media, keluaran suara di Razer Phone juga terbilang cukup bagus. Terlebih didukung dengan adanya speaker di bagian atas dan bawah layar. Hasil kerjasama dengan Dolby berhasil menghasilkan keluaran suara yang berkualitas. Suara yang dihasilkan kencang dan sangat jelas.

Sayangnya tidak ada jack audio 3.5mm di Razer Phone. Jadi kamu akan membutuhkan dongle untuk menghubungkan headset atau speaker tambahan. Pilihan lainnya adalah mengguna headphone wireless dengan bluetooth.

Software

Razer Phone Review

Razer tidak mau bertaruh dalam hal pengalaman pengguna. Berkolaborasi dengan Nova Launcher, Razer memodifikasi sedikit dari stock Android dan menambahkan beberapa bagian untuk mendukung ponsel pertamanya ini. Terdapat aplikasi Game Booster dan Theme Store.

Nova Launcher juga memberikan pilihan kustomisasi yang lumayan banyak. Mulai dari pengaturan gesture, pilihan ikon, animasi dan lain sebagainya dengan membuka lisensi Pro.

Razer Phone juga direncanakan menerima update ke Android Oreo 8.0.

Spesifikasi lengkap Razer Phone

Spesifikasi Razer Phone
Layar5.72-inch IGZO LCD
Resolusi 1440 x 2560
513 pixels per inch
Rasio layar 16:9
120 Hz, Wide Color Gamut (WCG)
Corning Gorilla Glass 3
KameraKamera belakang: Lensa ganda
Kamera 1: 12 MP wide-angle sensor dengan bukaan f/1.75, PDAF
Kamera 2: 12 MP zoom sensor dengan f/2.6 aperture, PDAF
Dual tone, dual LED flash
Kamera depan: 8MP dengan fokus 2.0
ProsesorQualcomm Snapdragon 835
RAM8 GB dual channel LPDDR4
Storage64 GB dan dapat ditambah SD Card sampai dengan 2TB
OSAndroid 7.1.1 Nougat
BateraiNon removeable - 4000mAh

Kesimpulan

Review dan Spesifikasi Lengkap Razer Phone

Razer Phone, tidak bisa dipungkiri adalah smartphone flagship meski dengan beberapa kekurangan seperti absennya jack audio dan kurangnya kualitas jepretan dari kamera yang ada. Meski demikian, bagi pengguna yang mencari ponsel gaming, Razer Phone adalah opsi pertama. Terlebih dengan layar yang ciamik dan didukung dengan fitur Ultramotion.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan berita teknologi terupdate

Berita pilihan seputar Android, Gadget dan Rekomendasi aplikasi, dikirim seminggu sekali.

Terima kasih sudah berlangganan

Oops, ada kesalahan!