Review dan Spesifikasi Samsung Galaxy A8 dan Galaxy A8+, Smartphone Kelas Menengah Rasa Flagship

Beberapa tahun yang lalu, ponsel hanya dikategorikan menjadi dua kelas, entry level dan flagship. Pada lini flagship biasanya produsen smartphone memberikan spesifikasi kelas atas. Baik itu dari segi performa atau build quality. Ponsel low entry biasanya menggunakan body plastik. Sedangkan untuk yang high entry menggunakan alumunium atau metal.

Tak lama berselang, produsen smartphone mulai menggarap pasar mid entry. Banyak pengguna yang lebih memilih smartphone mid entry lantaran harganya yang lebih murah dibandingkan dengan smartphone flagship namum memiliki fitur dan performa yang tidak terlalu buruk.

Tahun ini, Samsung telah merilis dua ponsel mid entry yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa saja yang menarik dari kedua ponsel Samsung terbaru ini? Simak reviewnya di bawah ini.

Desain

 

Bisa dikatakan, smartphone Samsung seri A berada satu tingkat dibawah lini S yang juga merupakan seri flagship dari Samsung. Galaxy A8 dan Galaxy A8+ mengusung Infinity Display. Infinity Display adalah sebutan desain ponsel Samsung yang memiliki bezel tipis. Fitur yang sama seperti yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S8 atau Galaxy Note 8.

Samsung Galaxy A8 dan A8+ menggunakan bodi kaca. Hal ini menyebabkan jejak sidik jari menempel dengan mudah di bagian belakang. Pada bagian bawah, Samsung menggunakan port USB-C sebagai sarana pengisian daya dan transfer data. Di sebelahnya terdapat jack audio 3.5 inci.

Port USB-C dan jack audio

Pada bagian sebelah kiri terdapat tombol power dan di bawahnya terdapat lubang speaker. Karena lubang speaker diletakkan di sebelah kiri, suara yang keluar lebih baik ketika Galaxy A8 dan A8+ digunakan secara landscape.

Sisi sebelah kanan terdapat slot SIM Card tambahan serta tombol volume. Sementara slot SIM Card utama dan kartu storage eksternal terdapat di bagian atas.

Pada bagian belakang, terdapat kamera dan sensor sidik jari di bawahnya.

Kamera belakang dan sensor sidik jari

Layar

Kedua ponsel Samsung tersebut menggunakan layar Super AMOLED Full HD. Resolusinya 1080 x 2200. Kerapatan pikselnya 441 piksel per inci. Kecerahannya tak perlu diragukan lagi. Warna yang dihasilkan juga akurat. Layarnya yang cukup besar membuat Galaxy A8 dan A8+ sangat nyaman digunakan untuk menikmati konten multimedia. Bahkan untuk main game sekalipun dijamin puas.

Galaxy A8+ dan Galaxy A8

Penggunaan di bawah sinar matahari yang terang pun tak jadi soal. Galaxy A8 dan A8+ bisa menampilkan tulisan dengan baik.

Performa dan Software

Untuk menangani tugas sehari-hari, Samsung mempercayakan chip prosesor Exynos 7785 dengan inti 8. Samsung Galaxy A8 dan A8+ bisa melahap game berkualitas HD dengan baik. Skor menurut Antutu benchmark pun mencapai 84.746. Karena Galaxy A8 dan A8+ memiliki CPU dan GPU yang sama, skor benchmark tidak jauh berbeda.

Skor benchmark AnTuTu

Untuk software, Galaxy A8 dan A8+ sudah memiliki Android 7.1.1 Nougat dilengkapi dengan TouchWiz UI. Meski ponsel mid entry namun kedua Galaxy A8 ini memiliki beberapa fitur Samsung S8. Sebut saja, Always-on display, fingerprint scanner yang cepat dan selalu aktif, Android Smart Lock. Kalau kamu tidak menyukai tampilan TouchWiz, kamu bisa menggantinya lewat Theme Store yang disediakan.

Baca juga:  Spesifikasi dan Review Galaxy Note 8. Pantaskah dibeli?

Kamera

Pada segi kamera, Samsung Galaxy A8 dan A8+ memiliki kamera belakang dengan resolusi 16MP dengan fokus f/1.7. Kamera ini sudah dilengkapi dengan Phase Detection Auto Focus. Bagi yang suka selfie, kedua ponsel terbaru Samsung ini sangat memanjakan kamu.

Pasalnya, terdapat kamera ganda pada kamera depan Samsung Galaxy A8 dan A8+. Resolusinya 16MP untuk kamera utama dan 8MP pada kamera kedua. Masing-masing dengan bukaan f/1.9. Hasil jepretan kamera depannya tak perlu diragukan lagi. Cerah, warnanya tajam dan sangat bagus. Samsung juga menambahkan fitur Live Focus pada duo Galaxy A8 dan A8+. Live Focus memberikan efek blur pada latar belakang objek utama.

Untuk perekaman video, duo Galaxy A8 dapat merekam video HD 1080p hingga 30 fps. Hal ini berarti Galaxy A8 dan A8+ belum dapat merekam video dalam kualitas 4K.

Baterai

Untuk menunjang penggunaan sehari-hari, Samsung memberikan baterai dengan kapasitas 3000mAH. Kapasitas ini cukup untuk menunjang Samsung A8 dan A8+ dipakai seharian. Bahkan dengan pemakaian biasa, dua Galaxy A8 ketahanan baterainya bisa lebih dari sehari.

Galaxy A8 dan A8+ sudah mendukung fitur fast charging lewat port USB-C. Mengisi daya sampai penuh hanya membutuhkan waktu 1.5 jam. Lebih lagi, tidak ada panas berlebih yang timbul akibat penggunaan atau saat pengisian daya.

Kelebihan Samsung Galaxy A8 dan A8+

Secara keseluruhan, kelebihan dari Galaxy A8 dan A8+ adalah:

  • Desain elegan sekelas flagship
  • Layar AMOLED terbaik
  • Baterai yang tahan lama dan pengisian cepat
  • Kualitas kamera yang mumpuni baik kamera depan atau kamera belakang

Kekurangan Samsung Galaxy A8 dan A8+

Sedangkan untuk kekurangnnya adalah:

  • Harga yang lebih mahal dari ponsel sekelasnya
  • Belum dapat merekam video 4K
  • Belum mendapat update Android Oreo
  • Bagian belakang dari kaca, mudah kotor oleh sidik jari.

Spesifikasi Lengkap Samsung A8

Spesifikasi Samsung Galaxy A8Samsung Galaxy A8+
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53)Octa-core (2x2.2 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53)
GPUMali-G71Mali-G71
RAM4 GB dan 6 GB4 GB dan 6 GB
Memori Internal32 GB dan 64 GB32 GB dan 64 GB
Memori EksternalmicroSD sampai dengan 256 GBmicroSD sampai dengan 256 GB
Layar5.6 inci dengan resolusi 1080 x 2220 piksel (~441 ppi)6.0 inci dengan resolusi 1080 x 2220 piksel (~411 ppi)
Kamera Utama16 MP, f/1.7, dilengkapi dengan phase detection autofocus dan lampu flash LED16 MP, f/1.7, dilengkapi dengan phase detection autofocus dan lampu flash LED
Kamera DepanKamera ganda: 16 MP + 8 MP, f/1.9, 1080pKamera ganda: 16 MP + 8 MP, f/1.9, 1080p
Kartu SIMTerdapat tipe dengan satu kartu SIM dan dual kartu SIM.Terdapat tipe dengan satu kartu SIM dan dual kartu SIM.
SoftwareAndroid 7.1.1 (Nougat)Android 7.1.1 (Nougat)
Bluetooth5.0, A2DP, EDR, LE5.0, A2DP, EDR, LE
BateraiBaterai tanam, 3000mAH, Li-IonBaterai tanam, 3000mAH, Li-Ion

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan berita teknologi terupdate

Berita pilihan seputar Android, Gadget dan Rekomendasi aplikasi, dikirim seminggu sekali.

Terima kasih sudah berlangganan

Oops, ada kesalahan!