Tips Mengambil Screenshot di Perangkat Android

Terkadang, cara mencepat dalam menyimpan informasi yang sedang tertampil di layar smartphone adalah dengan menangkapnya sebagai screenshot. Pada smartphone Android, karena source codenya sama dan berasal dari Google, langkah yang diperlukan juga hampir seragam. Perbedaannya terkadang hanya sedikit sekali dan biasanya tergantung dari posisi tombol home.

Mengambil screenshot di perangkat Android

Pertama yang harus diperhatikan adalah tombol home. Apabila hape Android yang kamu miliki terdapat tombol Home, mengambil screenshot semudah dengan menekan tombol Home + tombol Power/ Lock. Biasanya tombol Home terletak pada bagian bawah perangkat dan tombol Power/ Lock terletak di pinggir kanan atas gadget.

Nah, apabila perangkat yang kamu miliki tidak memiliki tombol Home seperti desain smartphone Android yang sedang populer sekarang ini, kamu bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol Power/ Lock + Volume Down.

Mengambil screenshot di Android dengan sensor gerakan

Beberapa smartphone Samsung menawarkan proses mengambil screenshot dengan deteksi gerakan. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkannya dari Setting. Masuk aplikasi Settings dan pilih Motions and Gestures. Aktifkan mode “Palm Swipes to Capture”.

Baca juga:  5 Tips Menggunakan Spotify Biar Dengerin Musik Makin Asik

Selanjutnya jika kamu ingin mengambil screenshot, kamu tinggal swipe menggunakan sisi telapak tangan dari kiri ke kanan ataupun sebaliknya. Beberapa orang tidak menyukai cara ini, termasuk saya. Alasannya adalah karena cara ini dapat menyebabkan layar tersentuh secara tidak sengaja.

Di mana screenshot saya disimpan?

Perangkat apapun yang kamu gunakan, biasanya screenshot yang diambil akan tersimpan pada aplikasi Gallery atau Photos. Cara paling mudah mengetahui di mana screenshot disimpan adalah dengan tap pada notifikasi yang muncul setelah berhasil mengambil screenshot.

Beberapa smartphone bahkan memiliki folder tersendiri bernama Screenshots di aplikasi Gallery untuk menyimpan screenshot-screenshot yang diambil. Jangan lupa untuk menghapus screenshot yang sudah tidak dibutuhkan lagi ya. Lumayan untuk membuat ruang penyimpanan lega lagi, kan?

Cara favoritmu mengambil screenshot?

Dari beberapa cara di atas, mana yang paling sering kamu gunakan? Atau ada cara mengambil screenshot di Android yang belum saya bahas di atas? Sampaikan di kolom komentar ya!

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan berita teknologi terupdate

Berita pilihan seputar Android, Gadget dan Rekomendasi aplikasi, dikirim seminggu sekali.

Terima kasih sudah berlangganan

Oops, ada kesalahan!